Friday, March 25, 2011

Percepatan Ilahi

Oleh  Steven Agustinus [ Open Heaven Ministries ]

Saya percaya, inilah waktunya sebagai orang-orang percaya dan sebagai Gereja Tuhan, kita akan mulai mengalami percepatan ilahi dalam hidup kita. Untuk kita bisa memahami lebih lanjut apa yang dimaksud dengan percepatan ilahi dan apa yang akan kita alami pada masa percepatan ilahi, ada beberapa ayat firman yang akan kita perhatikan:

Sebab aku menegaskan kepadamu, saudara-saudaraku, bahwa Injil yang kuberitakan itu bukanlah injil manusia. Karena aku bukan menerimanya dari manusia, dan bukan manusia yang mengajarkannya kepadaku, tetapi aku menerimanya oleh penyataan Yesus Kristus. Sebab kamu telah mendengar tentang hidupku dahulu dalam agama Yahudi…Tetapi waktu Ia, yang telah memilih aku sejak kandungan ibuku dan memanggil aku oleh kasih karunia-Nya, berkenan menyatakan Anak-Nya di dalam aku, supaya aku memberitakan Dia di antara bangsa-bangsa bukan Yahudi, maka sesaat pun aku tidak minta pertimbangan kepada manusia; juga aku tidak pergi ke Yerusalem mendapatkan mereka yang telah menjadi rasul sebelum aku, tetapi aku berangkat ke tanah Arab dan dari situ kembali lagi ke Damsyik (Galatia 1:11-17)

Mungkin selama sekian waktu lamanya, sebagai orang percaya, keberadaan Kekristenan Anda seakan-akan hanya berjalan seperti biasa, tanpa disertai pertumbuhan yang signifikan dalam hidupmu. Akan tetapi ketika percepatan ilahi mulai datang dalam hidup Anda, Anda akan mulai alami garis pertumbuhan Anda akan menanjak dengan sangat tajam.
Demikian pula ketika Paulus pertama kali memasuki pelayanannya, seakan-akan tidak ada yang tahu bahwa Paulus bertobat. Mereka hanya mendengar bahwa orang yang dahulu menganiaya jemaat, sekarang sudah menjadi murid. Akan tetapi ketika Paulus mulai memasuki kancah pelayanan, kita mendapati bahwa dari jemaat yang biasa itu, dalam waktu yang sangat singkat Paulus melejit dalam pelayanannya sedemikian rupa, dan grafiknyapun menanjam dengan tajam.
Saya percaya hal yang sama akan dialami oleh banyak dari antara Anda – engkau akan dibawa Tuhan masuk ke dalam sebuah percepatan ilahi, sehingga walaupun perjalanan rohani Anda selama ini kelihatannya biasa saja, tapi dalam waktu singkat, Tuhan akan mulai membawa Anda mengalami pertumbuhan yang luar biasa.

Inilah yang akan terjadi ketika percepatan ilahi masuk dalam hidup kita:

1. Tuhan akan membawa kita memasuki suatu fase hidup di mana Dia akan mencurahkan anugerah dan perkenanan-Nya secara terus menerus dalam hidup kita.

Anda akan mulai mengalami suatu fase dalam hidup Anda di mana anugerah dan perkenanan-Nya akan tercurah dengan limpah. Ketika Paulus bertobat, ia pergi ke tanah Arab dan di sana Tuhan mencurahkan anugerah-Nya dan berbagai pewahyuan Roh sehingga Kristus termanifestasi dalam hidup Paulus. Saya percaya hal yang sama akan Tuhan kerjakan dalam hidup setiap Anda, ketika engkau menghubungkan diri dalam dimensi percepatan ilahi ini: penyingkapan firman dan pewahyuan Roh akan tercurah dengan luar biasa dalam hidupmu, dan pekerjaan Roh akan terus terjadi dalam dirimu.
Selama Anda terus menjaga hati yang haus dan lapar akan Tuhan dan meresponi dalam ketaatan setiap arahan yang Ia beri, anugerah yang selama ini tidak pernah Anda nikmati akan mulai Anda nikmati, kemampuan yang selama ini tidak Anda miliki akan mulai muncul, dan apa yang dulu mustahil Anda raih akan dengan mudah Anda raih dalam waktu dekat ini. Anugerahlah yang membawa Paulus menjadi seorang rasul, anugerah jugalah yang akan membangkitkan Anda menjadi hamba-hamba Tuhan yang luar biasa.
Namun satu hal yang harus selalu kita ingat: Selama kita ada dalam masa percepatan ilahi ini, pastikan kita selalu responsif. Karena ketika Roh Kudus mulai bekerja dalam hidup kita, Dia akan menunjukkan area-area hidup yang mungkin masih harus kita bereskan/tanggulangi, dan ketika Dia mulai menyingkapkan semua itu, taati saja apa yang menjadi arahan dan perintah-Nya, karena selama Anda melangkah dalam ketaatan, anugerah-Nya akan bekerja semakin kuat dalam hidupmu.

2. Tuhan akan membawa kita untuk mulai menikmati hasil taburan kita di masa lalu.

Apa yang dulu pernah Anda tabur akan mulai Anda tuai pada hari-hari ini. Jika di waktu yang lalu Anda terus menabur dalam kebenaran, ini waktunya Anda mulai menuai kehidupan Roh. Tapi pada saat yang sama, jika di waktu yang lalu Anda ikut menaburkan kemanusiawian dan kedagingan, apa yang kita tabur itu akan mulai muncul juga. Dalam masa percepatan ilahi, kita akan selalu mendapati bahwa apapun yang kita tabur, akan tumbuh bersama-sama.
Matius 25:1-13 berbicara tentang hal Kerajaan Sorga yang diumpamakan seperti 5 gadis yang bijaksana dan 5 gadis bodoh: “Pada waktu itu hal Kerajaan Sorga seumpama sepuluh gadis, yang mengambil pelitanya dan pergi menyongsong mempelai laki-laki. Lima di antaranya bodoh dan lima bijaksana…” Dari sini kita bisa melihat bahwa bicara tentang hal Kerajaan Sorga, segala sesuatu pada awalnya seakan-akan bercampur menjadi satu, namun pada akhirnya pemisahan tetap harus terjadi – yang bijaksana dan yang bodoh terpisah. Lalu ayat 14-30 kembali berbicara tentang hal Kerajaan Sorga yang diumpamakan seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka. Di sini juga kembali terjadi pemisahan: orang yang setia dan yang melakukan kebenaran akan mendapatkan hasilnya, namun orang yang malas dan tidak mau mengusahakan apa yang Tuhan beri akan disingkirkan.
Karena itu, belajarlah untuk mengamati hidupmu masing-masing, karena ketika Tuhan membawa kita memasuki dimensi percepatan ilahi, apapun benih yang pernah tertabur dalam hidup kita akan tumbuh bersama-sama. Kalau selama ini kita cukup “rajin” menjagai hati kita sehingga hanya kebenaran yang berkuasa dalam hidup kita, kita pun pasti akan mulai menikmati kehidupan roh sebagai hasil dari apa yang sudah kita tabur itu. Akan tetapi, jika ada dari antara kita yang tidak setia atau kurang waspada sehingga mengijinkan beberapa benih pencemaran masuk dalam hidup kita, maka benih-benih pencemaran itu juga akan mulai muncul. Sebagai akibatnya, kita akan mendapati ada banyak pencobaan yang datang dalam hidup kita.
Ketika semua itu terjadi, pastikan engkau mengambil keputusan untuk tetap berjalan dalam kebenaran. Saya berdoa, pada masa-masa Tuhan mulai memisahkan segala jenis pencemaran yang masih ada dalam hidupmu, engkau tidak akan pernah jatuh ke dalam pencobaan lagi. Sebaliknya, engkau akan bangkit dalam kuasa Roh dan terus melangkah dalam kehendak Tuhan, dan engkau akan terus mengikuti apapun yang Tuhan inginkan dalam hidupmu. Pastikan engkau tetap menaburkan kebenaran dalam hidupmu, karena Alkitab berkata bahwa orang yang menabur kebenaran akan menuai kehidupan. Engkaupun akan melihat kehidupan Roh mulai mengalir dalam hidupmu.
Ketika kehidupan Roh mulai mengalir dalam hidup kita, kitab Kejadian menubuatkan bahwa ke mana sungai kehidupan itu mengalir, aliran sungai yang ada akan mempertemukan kita dengan ‘emas yang baik’ (Kej. 2:11-12). Kitab Yehezkiel juga berkata, ke mana sungai kehidupan itu mengalir, perubahan terjadi (Yeh. 47). Ketika kehidupan Roh mengalir dalam hidup kita, aliran kehidupan itulah yang akan membuat hidup kita berbeda.
Karena itu, taburi hidupmu hanya dengan kebenaran, jagai dirimu dari segala jenis pencemaran dan hal yang sia-sia, dan pastikan kehidupan Roh dapat mengalir dengan leluasa dalam hidupmu. Saya mendorong Anda semua untuk bangkit dalam Roh, karena masa percepatan ilahi ini akan menghantarkan kita memasuki era Kerajaan Sorga.

3. Tuhan akan membawa kita untuk mulai mengerjakan banyak hal: menaikkan standar hidup atau tuntutan ilahi yang selama ini sudah kita jalani.

Bicara tentang percepatan ilahi, bersiaplah karena selain engkau akan menikmati anugerah dan berbagai perkenanan ilahi, ada banyak PR yang juga harus engkau selesaikan: Tuhan akan mulai memerintahkan Anda untuk membenahi area-area hidup yang masih perlu dirombak, dan Tuhan menghendaki kita meresponinya dengan segera, karena tujuan dari semua itu adalah untuk menarik standar hidup kita naik ke level yang baru. Tuhan ingin memastikan bahwa sebelum Dia membawa kita mengalami lonjakan iman dan promosi baru dari sorga, kita sudah memiliki standar hidup yang berbeda.
Karena itu, pastikan engkau mulai membuka dirimu dan mengijinkan Tuhan mengoreksi area-area hidupmu yang masih harus dibereskan. Karena semakin banyak promosi yang engkau terima dari sorga, semakin banyak pula tuntutan dari Tuhan yang akan engkau alami, dan Tuhan tidak mau tuntutan-tuntutan yang nanti akan engkau alami justru menghancurkan hidupmu, karena itu dari sejak sekarang Dia ingin melatih hidup kita terlebih dahulu.

Area apa saja yang kira-kira Tuhan ingin benahi dalam hidup kita dalam beberapa waktu ke depan ini?

• Sikap hati.

Tuhan ingin memastikan motivasi kita dalam melakukan segala sesuatunya bagi Tuhan betul-betul murni untuk kemuliaan Tuhan, tanpa agenda terselubung sama sekali. Semakin kita bersekutu dengan Tuhan, semakin Dia akan membongkar hati kita untuk menguji masih adakah motivasi terselubung atau tidak.

• Konsep pikir dan keyakinan yang kita miliki.

Kita akan alami bagaimana Tuhan seakan-akan mulai menantang konsep pikir kita dan apa yang selama ini kita yakini dan membenturkannya dengan fakta-fakta yang berkebalikan. Tujuannya adalah, agar Anda tidak lagi hidup berdasarkan apa yang Anda lihat dan dengar, tapi dari apa yang Dia firmankan. Jika Anda mulai menghadapi situasi yang berkebalikan, datanglah kepada Tuhan dan minta agar Dia memberikan firman-Nya, lalu pergunakan kuasa firman itu untuk merombak dan mengubah fakta hidupmu. Anda akan melihat, Andapun akan mulai menikmati masa percepatan yang luar biasa.

• Cara kita mempergunakan uang.

Bagi beberapa orang, Tuhan seakan-akan mencurahkan berkatnya secara limpah bagi mereka – itulah masa ujian yang mereka akan lewati dalam hal keuangan; bagi beberapa orang lain, masa ujian itu mungkin justru membawa mereka menjadi semakin ketat dalam hal keuangan, meskipun tidak sampai kekurangan. Jika Anda tergolong dalam kelompok yang kedua – ketika Anda lulus – Anda akan mengalami Tuhan mencurahkan berkatnya secara melimpah dalam hidup Anda, tapi bagi Anda yang tergolong dalam kelompok pertama, jika Anda tidak lulus, Anda akan mendapati bahwa berkat yang tadinya melimpah itu akan dicabut dari hidup Anda. Karena itu, terus praktekkan prinsip firman tentang bagaimana mengelola uang dengan benar, agar kebebasan finansial dapat sungguh-sungguh engkau nikmati dalam hidupmu, sehingga engkau dapat menyelesaikan kehendak Tuhan sampai tuntas.

• Prioritas hidup kita.

Tuhan akan mulai membedah dan melihat apa yang menjadi prioritas hidup kita pada hari-hari ini; apakah kita memprioritaskan kesuksesan lebih dari yang lain, termasuk kesehatan kita, keluarga, kebenaran, dan bahkan Tuhan sendiri. Kalau masih ada prioritas yang salah dalam hidup kita, pastikan kita segera menyelaraskannya dengan kebenaran, sebelum semuanya terlambat.

• Hubungan.

Tuhan ingin memeriksa bagaimana cara kita bergaul/berinteraksi satu dengan yang lain, karena ketika di waktu yang akan datang Tuhan membawa kita masuk ke dalam peperangan, kita harus memastikan bahwa orang yang ada di sebelah kita adalah orang yang memiliki satu tujuan dengan kita. Tuhan ingin memastikan kita bisa mengenali siapa saudara dan siapa musuh. Inilah waktunya kita meresponi segala sesuatu dengan kebenaran, karena jika tidak, apapun yang kita munculkan sebagai sebuah respon adalah suatu taburan, dan dalam masa percepatan ini kita akan menuai apa yang kita taburkan itu.

Satu doa saya, komitmen Anda terhadap rencana Tuhan – hati Anda untuk terus mengejar kebenaran tidak akan mengalami perubahan tapi akan semakin “gila-gilaan”. Ketika masa percepatan ini mulai berakhir, Tuhan pun akan mulai membawa Anda memasuki masa “establishment” – Dia akan betul-betul memeteraikan Anda di area di mana Dia telah menetapkan Anda.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Holy Spirit